Asesmen Mettl Untuk Tenaga Sales B2C Potensial - Tingkat Awal (B2C Sales Potential-Entry) - Bahasa

ss
sample@mettl.com
Test Taken on:
Report Version as on:
Finish State: Normal
Registration Details
Alamat Email: sample@mettl.com
Nama Depan: sample
Nama Belakang: Not filled
Tanggal lahir: Jan 18, 1948
Nomor Kontak/ Nomor Telepon: Not filled
Jenis kelamin: Not filled
Negara: Not filled
Bagaimana Menafsirkan Laporan?
Saat menafsirkan hasil tes, perlu diingat bahwa skor yang tertulis tidak menunjukkan baik atau buruknya seseorang, tetapi cocok atau tidaknya orang tersebut dengan jenis pekerjaan tertentu. Karena hasil bergantung pada bagaimana seseorang menilai perilakunya sendiri, keakuratan hasil bergantung pada kejujuran dan kesadaran diri seseorang saat mengerjakan tes.

Asesmen ini mengukur sifat dan kepribadian terkait pekerjaan yang mungkin tecermin dalam perilaku kerja sehingga memengaruhi keberhasilan dalam pekerjaan. Untuk menggunakan laporan ini secara maksimal:

1. Bacalah rekomendasi keseluruhannya terlebih dahulu.Berdasarkan  kebutuhan Anda, mungkin Anda ingin memprioritaskan kandidat yang 'direkomendasikan', lalu kandidat yang 'direkomendasikan dengan catatan'.
2. Jika Anda memilih di antara kandidat berbeda dengan rekomendasi yang sama, bacalah hasil kompetensinya. Perhatikan kompentensi yang Anda yakini penting untuk keberhasilan kandidat dalam jabatannya,dan gunakan skor untuk membantu Anda memprioritaskan kandidat yang dipilih untuk tahap selanjutnya.
3. Harap diIngat: Evaluasi ini hanya salah satu bahan pertimbangan. Saat mempekerjakan seseorang, Anda disarankan juga membaca informasi lainnya– pengetahuan fungsional dan pengetahuan tentang pekerjaan, latar belakang dan perilaku di masa lalu (misalnya melalui wawancara perilaku yang terstruktur), pemeriksaan referensi, dll. di samping evaluasi kepribadian ini.
4. Penggunaan Gaya Memberi respons dalam rangka rekruitmen /Seleksi , Gaya menjawab soal yang ideal adalah gaya response yang Genuine ( alami) dan hal ini direkomendasikan untuk diadakan analisis lebih lanjut . Namun , apabila gaya kandidat menunjukkanSifat Sosial yang diinginkan ( Social Desirability), ia perlu dipertimbangan dengan catatan. 
Kami tidak merekomendasikan kandidat yang menunjukkan gaya memberi respons yang ektrem, bertendensi netral, jawaban asal saja karena hal ini menunjukkan kandidat belum mencoba asesmen  dengan cara yang diharapkann, dan tidak mencerminkan pemahaman tentang kepribadiannya karena hal itu tidak memberikan gambaran tentang  tanggapan asli kandidat.Hal ini pada gilirannya tentu mengganggu keputusan yang sedang berjalan, sehingga kandidat dapat dipertimbangkan untuk pengujian ulang. Berbagai kasus seperti ini biasanya tidak dipertimbangkan untuk analisis skor / statistik terperinci jika diperlukan lebih lanjut.
Response Style: Asli

Explanation of response style:

Asli: Tidak ada masalah atau tanda bahaya yang terlihat dari gaya kandidat menjawab soal.

Keinginan Sosial: Jika lebih dari 75% jawaban menunjukkan adanya upaya untuk memberikan hasil positif palsu atau terlihat ingin mengikuti 'kepatutan sosial'.

Jawaban Ekstrem: Jika lebih dari 75% jawaban pertanyaan menandakan bahwa seseorang secara konsisten setuju dengan pernyataan di sisi atas atau sisi bawah.

Tendensi Netral: Jika jawaban tengah (netral) dipilih lebih dari 30%.

Jawaban Asal: Jika lebih dari 95% jawaban yang dipilih arahnya sama (misalnya, jika kandidat memilih 'paling mirip dengan saya' atau 'mirip dengan saya' dari pernyataan sisi kanan atau kiri saja).

RINGKASAN EKSEKUTIF
Pengetahuan Sales
Rekomendasi berdasarkan Pengetahuan Sales

Direkomendasikan dengan Catatan

Kekuatan

NONE

Bidang Pengembangan

Pengucapan Salam: Rendah

Kebutuhan yang Memenuhi Syarat: Rendah

Mengatasi Keberatan: Rendah

Kepribadian Sales 
Rekomendasi berdasarkan Kepribadian Sales

Direkomendasikan dengan Catatan

Kekuatan

NONE

Bidang Pengembangan

Toleransi Stres: Perlu belajar untuk optimis dan ulet pada saat penuh tekanan.

Pengendalian Diri: Harus belajar untuk dapat menangani perasaan sendiri secara efisien, terutama ketika bekerja di bawah tekanan.

Kepercayaan Diri: Perlu belajar untuk percaya diri mengenai kemampuannya untuk menghadapi situasi yang tidak pasti dan menantang.

PENGETAHUAN SALES
Values shown in above chart are sten scores
Rendah Sedang Tinggi
Pengucapan Salam: Rendah

Sangat cenderung tidak terampil dalam menyapa pelanggan atau agen dengan cara yang tulus atau antusias untuk membuat mereka merasa hangat dan disambut saat memulai percakapan.

Membangun Relasi: Sedang

Cenderung memiliki kemampuan moderat untuk mengembangkan hubungan dengan calon pelanggan atau agen sehingga membuat mereka merasa nyaman dan mengembangkan rasa saling percaya dan hormat. Kadang-kadang dapat menghilangkan hambatan mental yang mungkin dimiliki pelanggan atau agen sebelum asosiasi apa pun.

Kebutuhan yang Memenuhi Syarat: Rendah

Cenderung tidak dapat menilai dengan benar tingkat minat pelanggan atau mengidentifikasi kebutuhan dan persyaratan mereka. Mungkin tidak dapat memastikan produk / skema / rencana mana yang paling cocok untuk pelanggan berdasarkan kebutuhan dan harapan mereka.

Presentasi; Demonstrasi dan Informasi: Sedang

Cenderung sesekali dapat menyajikan fitur dan manfaat produk / skema / rencana kepada pelanggan dengan cara yang menarik dan percaya diri. Kadang-kadang dapat mendiskusikan opsi yang tersedia untuk pelanggan dengan produk dengan cara yang menarik. Cenderung agak mampu menunjukkan penggunaan atau fungsi produk dengan cara yang meyakinkan dan jujur.

Mengubah Minat Mnejadi Keinginan: Sedang

Cenderung memiliki kemampuan yang cukup untuk menarik kebutuhan pelanggan, dengan cara yang meyakinkan mereka bahwa produk yang ditawarkan akan memuaskan dan memenuhi persyaratan mereka dan akan mengarahkan mereka untuk membeli produk / skema / rencana.

Mengatasi Keberatan: Rendah

Cenderung tidak bersikap dengan tenang ketika berhadapan dengan keberatan pelanggan. Cenderung tidak dapat mengatasi keraguan dan pertanyaan pelanggan dengan cara yang kompeten untuk memastikan kejelasan dan transparansi dalam transaksi pembelian.

Kesepakatan Transaksi: Sedang

Cenderung cukup bisa menilai situasi secara akurat dan memutuskan kapan saatnya untuk berhenti menjual produk dan menutup penjualan. Agak cenderung akan berhasil menyelesaikan negosiasi dan mencapai keputusan yang saling memuaskan.

KEPRIBADIAN SALES
Pengaturan Diri
Values shown in above chart are sten scores
Rendah Sedang Tinggi
Pengendalian Diri: Rendah

Cenderung tidak dapat menyesuaikan antara emosi atau perasaan. Kecil kemungkinannya untuk mengendalikan impulsnya atau menangani emosi dalam situasi sulit yang melibatkan para pemangku kepentingan yang berbeda. Kemungkinan tidak dapat tenang dan mungkin frustrasi selama masa-masa sulit. Kemungkinan sering merasa khawatir dengan perilaku yang tidak biasa dari anggota tim atau klien dan mungkin tidak menanggapi mereka dengan tenang.

Kepercayaan Diri: Rendah

Cenderung tidak memiliki kepercayaan diri pada keterampilan, kemampuan, dan pengetahuan dirinya. Kecil kemungkinannya untuk percaya diri saat bertemu orang baru atau berupaya mencapai hasil. Cenderung tidak dapat mempertahankan sikap positif terlepas dari apa yang dipikirkan atau dilakukan orang lain. Lebih kecil kemungkinannya untuk menunjukkan kecenderungan penerimaan diri dan kecukupan diri. Cenderung tidak dianggap sebagai sikap yang tegas atau membela pandangan seseorang untuk membawa dirinya dan klien pada konsensus bersama.

Toleransi Stres: Rendah

Cenderung tidak efektif dalam menghadapi tekanan kerja serta mudah stres dan khawatir. Cenderung tidak dapat menjaga dirinya tetap positif atau mempertahankan sikap optimis terhadap kehidupan dalam situasi yang merugikan. Kecil kemungkinannya untuk menjaga diri tetap tenang dan berpikir jernih untuk memanfaatkan waktu dan sumber daya secara efektif dalam situasi yang menantang. Kemungkinan untuk menunjukkan kecenderungan untuk bergantung pada orang lain ketika sedang emosional dan stres.

Menangani Proses Sales
Values shown in above chart are sten scores
Rendah Sedang Tinggi
Orientasi Pada Hasil: Sedang

Cenderung sesekali dapat bekerja secara aktif untuk mencapai hasil tepat waktu. sedikit dapat cenderung bekerja dengan dedikasi dan komitmen dan berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas. Kemungkinan besar memahami konsekuensi dari tindakan yang dilakukannya terhadap organisasi. sedikit dapat cenderung antusias saat mengerjakan tugas-tugas yang menantang dan kadang-kadang menunjukkan rasa urgensi untuk mencapai tujuan. sedikit dapat cenderung menetapkan standar kinerja tinggi untuk dirinya sendiri, dan mencoba melakukan upaya untuk mempertahankannya.

Mengambil Inisiatif: Sedang

Cenderung sedikit dapat secara proaktif mengambil tugas tanpa diminta untuk melakukannya. Cenderung bekerja di luar peran pekerjaannya. sedikit dapatnya akan mengambil tanggung jawab untuk tugas-tugas yang orang lain tidak mau ambil. Cenderung kadang-kadang mencari peluang untuk berkontribusi lebih banyak terhadap pekerjaan dan organisasi. Terkadang mencari celah dalam pekerjaannya dan mengambil langkah untuk memperbaikinya tepat waktu.

Penggalian Informasi: Sedang

Cenderung sedikit dapat mencari dan memperoleh informasi untuk menyelesaikan tugas. Kadang-kadang mencoba untuk menjaga diri tetap up to date dengan memperoleh pengetahuan tentang pesaing, tren pasar dan bagaimana industri bekerja. sedikit dapat cenderung menyelidiki masalah untuk memahaminya secara holistik. Cenderung sesekali mencari informasi dari klien, dalam mengidentifikasi kesenjangan untuk perbaikan. sedikit dapatnya cenderung proaktif saat berinteraksi dengan orang lain untuk memahami perspektif dan pengalaman mereka.

Pemecahan Masalah: Sedang

Cenderung sedikit dapat untuk mengidentifikasi potensi masalah atau menyelidikinya secara lebih mendalam. Kadang-kadang dapat berupaya untuk menganalisis masalah, mengidentifikasi penyebabnya atau memilih solusi terbaik setelah memikirkan informasi dan alternatif yang tersedia. Terkadang dapat memanfaatkan sumber daya yang diperlukan untuk mengatasi tantangan secara efektif. Terkadang dapat mengidentifikasi bidang-bidang berisiko atau hambatan potensial dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menghadapinya. sedikit dapatnya dapat mengumpulkan informasi terkait pekerjaan dengan cepat, dari berbagai sumber dan menerapkannya dengan cara inovatif untuk menyelesaikan masalah. Cenderung cukup kreatif dalam berpikir dan mengintegrasikan data secara logis untuk sampai pada solusi.

Membina Relasi Dengan Pelanggan
Values shown in above chart are sten scores
Rendah Sedang Tinggi
Empati: Sedang

Cenderung sedikit dapat untuk mengenali dan memahami perasaan orang lain, dengan cukup terbiasa dengan emosi mereka. Kadang-kadang cenderung muncul perasaan ramah dan mempertimbangkan perasaan orang lain ketika berkomunikasi dengan mereka dan membuat keputusan. Cenderung sesekali dapat memahami motivasi orang lain dan alasan yang mendasari perilaku mereka.

Berjejaring dengan Orang: Sedang

Cenderung sedikit dapat untuk meningkatkan jaringannya di dalam dan di luar organisasi, untuk mencapai tujuan bisnis. sedikit dapat cenderung memiliki minat dalam bersosialisasi atau menjalin kontak dan hubungan untuk mengembangkan peluang kerja. Sangat mungkin untuk berfokus pada membangun atau mempertahankan hubungan yang produktif dengan orang lain dan kadang-kadang dapat memupuk hubungan yang telah terbentuk.

Mempengaruhi Orang Lain: Sedang

Cenderung sedikit dapat secara efektif membujuk orang lain untuk mengambil tindakan yang diinginkan. Terkadang dapat menangkap minat orang lain untuk memodifikasi informasi agar berhasil meyakinkan mereka. Cenderung sedikit dapat bisa meyakinkan orang lain mengenai pemikiran dan sudut pandangnya dengan menjawab pertanyaan secara efektif. sedikit dapat cenderung menunjukkan kemampuan untuk menang dari pihak lain dengan memberikan argumen yang diperlukan.

Orientasi Pada Layanan Pelanggan: Rendah

Cenderung tidak menunjukkan kemampuan untuk memahami kebutuhan atau persyaratan klien dengan baik dan cenderung tidak dapat memberikan layanan terbaik untuk setiap tugas yang dilakukan oleh dirinya sendiri. Cenderung tidak dapat menangani pertanyaan, permintaan, atau keluhan klien secara efisien. Cenderung jarang memastikan bahwa tidak ada kesalahan yang dibuat saat memenuhi permintaan pelanggan. Cenderung tidak fokus pada peningkatan pelayanan secara terus-menerus untuk pelanggan internal maupun eksternal. Cenderung tidak dapat memodifikasi dan menyesuaikan gaya kerjanya sesuai dengan klien, jarang menyampaikan informasi sensitif dan sulit dengan cara yang bijaksana.

Motivasi Utama Dalam Karir
Uang dan Insentif

Cenderung sangat mempertimbangkan imbalan materi yang didapatkan sebagai motivatornya dalam bekerja. Imbalan yang bersifat finansial menjadi sangat penting baginya.

Potensi Kelemahan

Cenderung mudah tergoda oleh imbalan materi yang lebih besar di tempat lain dan menjadi agak terkesan seperti pribadi yang serakah.

Bagaimana cara membuat orang tetap termotivasi?

Berikan insentif maupun imbalan finansial jika ia berhasil menyelesaikan tugas.Tetapkanlah tujuan jangka pendek yang menawarkan gratifikasi imbalan langsung daripada menunggu tercapainya tujuan jangka panjang yang membutuhkan perjuangan ketekunan.

Test Log