Asesmen Mettl Atas Potensi Managerial (Managerial Potential - Bahasa Indonesian)

Sample
sample123@mettl.com
Test Taken on:
Report Version as on:
Finish State: Normal
Registration Details
Alamat Email: sample123@mettl.com
Nama Depan: Sample123
Nama Belakang: Not filled
Tanggal lahir: Feb 1, 1939
Nomor Kontak/ Nomor Telepon: Not filled
Jenis kelamin: Not filled
Negara: Not filled
Bagaimana Menafsirkan Laporan?
Saat menafsirkan hasil tes, perlu diingat bahwa skor yang tertulis tidak menunjukkan baik atau buruknya seseorang, tetapi cocok atau tidaknya orang tersebut dengan jenis pekerjaan tertentu. Karena hasil bergantung pada bagaimana seseorang menilai perilakunya sendiri, keakuratan hasil bergantung pada kejujuran dan kesadaran diri seseorang saat mengerjakan tes.

Asesmen ini mengukur sifat dan kepribadian terkait pekerjaan yang mungkin tecermin dalam perilaku kerja sehingga memengaruhi keberhasilan dalam pekerjaan. Untuk menggunakan laporan ini secara maksimal:

1. Bacalah rekomendasi keseluruhannya terlebih dahulu.Berdasarkan  kebutuhan Anda, mungkin Anda ingin memprioritaskan kandidat yang 'direkomendasikan', lalu kandidat yang 'direkomendasikan dengan catatan'.
2. Jika Anda memilih di antara kandidat berbeda dengan rekomendasi yang sama, bacalah hasil kompetensinya. Perhatikan kompentensi yang Anda yakini penting untuk keberhasilan kandidat dalam jabatannya,dan gunakan skor untuk membantu Anda memprioritaskan kandidat yang dipilih untuk tahap selanjutnya.
3. Harap diIngat: Evaluasi ini hanya salah satu bahan pertimbangan. Saat mempekerjakan seseorang, Anda disarankan juga membaca informasi lainnya– pengetahuan fungsional dan pengetahuan tentang pekerjaan, latar belakang dan perilaku di masa lalu (misalnya melalui wawancara perilaku yang terstruktur), pemeriksaan referensi, dll. di samping evaluasi kepribadian ini.
4. Penggunaan Gaya Memberi respons dalam rangka rekruitmen /Seleksi , Gaya menjawab soal yang ideal adalah gaya response yang Genuine ( alami) dan hal ini direkomendasikan untuk diadakan analisis lebih lanjut . Namun , apabila gaya kandidat menunjukkanSifat Sosial yang diinginkan ( Social Desirability), ia perlu dipertimbangan dengan catatan. 
Kami tidak merekomendasikan kandidat yang menunjukkan gaya memberi respons yang ektrem, bertendensi netral, jawaban asal saja karena hal ini menunjukkan kandidat belum mencoba asesmen  dengan cara yang diharapkann, dan tidak mencerminkan pemahaman tentang kepribadiannya karena hal itu tidak memberikan gambaran tentang  tanggapan asli kandidat.Hal ini pada gilirannya tentu mengganggu keputusan yang sedang berjalan, sehingga kandidat dapat dipertimbangkan untuk pengujian ulang. Berbagai kasus seperti ini biasanya tidak dipertimbangkan untuk analisis skor / statistik terperinci jika diperlukan lebih lanjut.
Response Style: Asli

Explanation of response style:

Asli: Tidak ada masalah atau tanda bahaya yang terlihat dari gaya kandidat menjawab soal.

Keinginan Sosial: Jika lebih dari 75% jawaban menunjukkan adanya upaya untuk memberikan hasil positif palsu atau terlihat ingin mengikuti 'kepatutan sosial'.

Jawaban Ekstrem: Jika lebih dari 75% jawaban pertanyaan menandakan bahwa seseorang secara konsisten setuju dengan pernyataan di sisi atas atau sisi bawah.

Tendensi Netral: Jika jawaban tengah (netral) dipilih lebih dari 30%.

Jawaban Asal: Jika lebih dari 95% jawaban yang dipilih arahnya sama (misalnya, jika kandidat memilih 'paling mirip dengan saya' atau 'mirip dengan saya' dari pernyataan sisi kanan atau kiri saja).

RINGKASAN EKSEKUTIF
Rekomendasi

Tidak Direkomendasikan

Kompetensi Utama

Fasilitasi Perubahan: Cukup mungkin bekerja secara kreatif dan asli dalam pekerjaannya, dan mungkin terkadang bersikap aktif sehingga memampukannya untuk bekerja menuju membawa perubahan strategis dalam organisasi. Mungkin kadangkala berpikiran terbuka atau mau mencoba kegiatan baru.

Perencanaan dan Pengorganisasian: Cukup mungkin bekerja secara teliti dan sistematis, mengatur tugas sesuai dengan prioritas dan urgensi. Mungkin terkadang mampu merumuskan rencana dan tujuan yang jelas dan efektif.

Akuntabilitas: Tidak mungkin meminta pertanggungjawaban dirinya sendiri dan orang lain untuk menyelesaikan tugas yang telah ditugaskan.

Pemecahan Masalah dan Pemgambilan Keputusan: Tidak memiliki kemampuan untuk menganalisis masalah, mengidentifikasi penyebabnya dan memilih solusi yang tepat dari alternatif.

Kekuatan

NONE

Bidang Pengembangan

Pemecahan Masalah dan Pemgambilan Keputusan: Seharusnya memecahkan masalah dan membuat keputusan yang efektif dengan mengambil masukan dari tim dan mengumpulkan informasi dari semua sumber.

Orientasi Pada Layanan: Perlu mendorong anggota tim untuk memperhatikan kebutuhan pelanggan dan menangani pertanyaan, permintaan, dan keluhan mereka secara efisien.

Akuntabilitas: Perlu belajar untuk menuntut pertanggungjawaban dirinya sendiri dan menerima tanggung jawab atas pencapaian dan kegagalan dirinya sendiri dan anggota timnya.

EVALUASI KOMPETENSI
Ketajaman Berorganisasi
Values shown in above chart are sten scores
Rendah Sedang Tinggi
Memahami Tata Kelola , Lingkungan dan Proses: Rendah

Tidak mungkin mencari peluang untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan wawasan tentang organisasi seseorang serta kebijakan, prosedur, dan lingkungan kerjanya. Lebih kecil kemungkinannya untuk terus memperbarui diri. Tidak mungkin mematuhi prosedur dan pedoman dan mungkin jarang mengambil tindakan jika terjadi penyimpangan. Mungkin tidak memperhatikan SOP di tempat kerja untuk memastikan pekerjaan yang konsisten dan berkualitas.

Fasilitasi Perubahan: Sedang

Cukup mungkin bekerja secara kreatif dan orisinil dalam pekerjaannya, dan mungkin aktif dalam memungkinkan seseorang bekerja untuk menghasilkan perubahan strategis dalam organisasi. Mungkin kadangkala berpikiran terbuka atau mau mencoba kegiatan baru dan kadangkala menambahkan dimensi baru pada pekerjaannya. Cukup mungkin terdorong dengan prestasi dan sepertinya mampu membangun visi untuk dirinya sendiri dan organisasi dan cukup mungkin berusaha menerapkannya sedikit tidak inovatif dan fleksibel dalam pendekatannya untuk bekerja.

Kolaborasi
Values shown in above chart are sten scores
Rendah Sedang Tinggi
Bermitra: Sedang

Cukup mungkin menyemangati anggota tim untuk mengembangkan keterampilan jaringan yang efektif atau untuk membangun koneksi yang dekat dengan orang-orang dan kelompok di dalam dan di luar tim. Mungkin memiliki kecenderungan kuat untuk mempertahankan hubungan yang sehat dengan teman sebaya, klien, manula, dll. Cukup mungkin memperhatikan pemahaman tentang bidang kekuatan dan pengembangan tim lain dan menggunakan pengetahuan itu dengan tepat. Cukup mungkin bersikap hangat atau ramah dalam berinteraksi dengan orang lain, dan mungkin kadangkala berusaha memanfaatkan jaringannya untuk mendapatkan bantuan, dukungan, dan pencapaian tujuan.

Kerja Tim: Sedang

Cukup mungkin menjadi pemain tim yang baik dan kadangkala mendorong anggota tim untuk memelihara lingkungan yang kondusif untuk bekerja dengan baik satu sama lain. Kemungkinan besar menyediakan sumber daya yang diperlukan bagi anggota timnya untuk memastikan mereka bekerja secara kooperatif dan kolaboratif satu sama lain. Mungkin kadangkala menghargai atau mengakui anggota tim karena bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Keterampilan Kepemimpinan
Values shown in above chart are sten scores
Rendah Sedang Tinggi
Akuntabilitas: Rendah

Sangat tidak mungkin untuk mengambil tanggung jawab atas tindakan yang dilakukan oleh dirinya sendiri dan anggota timnya. Sangat tidak mungkin untuk memastikan tugasnya berserta tim terselesaikan tepat waktu. Mungkin jarang bisa bertanggung jawab atas kegagalan dan kesuksesan dirinya berserta tim. Kecil kemungkinannya untuk mampu memotivasi anggota tim untuk menjaga dan mewujudkan komitmennya.

Integritas: Sedang

Cukup mungkin bertindak dengan cara yang jujur dan etis. Mungkin kadangkala berpendirian berdasarkan hal yang benar terlepas dari konsekuensi pada dirinya sendiri. Cukup mungkin bersikap terbuka dan transparan dalam berurusan dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal. Cukup mungkin tetap berpegang pada etika profesional, berbagai nilai dan moral kerja untuk menyelesaikan tugas, terutama ketika hal itu tidak menyenangkan.

Managemen Orang
Values shown in above chart are sten scores
Rendah Sedang Tinggi
Memahami Keanekaragaman: Rendah

Tidak mungkin memahami atau peka terhadap orang lain yang mungkin berbeda dari dirinya sendiri. Kecil kemungkinannya untuk mengungkapkan perasaan positif terhadap orang-orang dari berbagai latar belakang dalam hal usia, jenis kelamin, agama, pandangan politik, dll. Tidak mungkin merasa nyaman saat bekerja dengan orang-orang yang memiliki perspektif berbeda, dan mungkin tidak selalu mencoba untuk mendukung terciptanya tempat kerja yang inklusif di mana perbedaan individu dihormati dan dihargai.

Melatih dan Mentoring: Rendah

Tidak mungkin tertarik pada pekerjaan anggota tim atau melatih mereka tentang cara melaksanakan tugas secara efektif. Mungkin tidak selalu mendorong mereka untuk mengembangkan kemampuan mereka dan memberikan saran yang membangun untuk hal yang sama. Kecil kemungkinan untuk mampu melatih anggota tim di tingkat pribadi. Tidak mungkin memastikan bahwa potensi setiap anggota telah dimanfaatkan secara produktif dan mungkin tidak selalu menetapkan tugas berdasarkan kemampuan atau keterampilannya.

Manajemen Konflik: Sedang

Cukup mungkin mampu menyelesaikan konflik di dalam dan di antara tim dengan segera untuk memastikan bahwa lingkungan kerja tidak terhambat. Mungkin kadangkala membantu para karyawan dengan konflik mereka dengan mempertimbangkan pandangan mereka, memahami masalah mereka dan menyelesaikannya. Cukup cenderung mendengarkan dan memahami konflik dengan cara yang tidak bias. Mungkin mampu menggunakan gaya dan metode interpersonal yang sesuai untuk mengurangi ketegangan atau konflik antara dua orang / kelompok atau lebih.

Mengatur Pekerjaannya
Values shown in above chart are sten scores
Rendah Sedang Tinggi
Perencanaan dan Pengorganisasian: Sedang

Cukup mungkin merencanakan tindakan yang sesuai untuk menyelesaikan pekerjaannya. Mungkin kadangkala menentukan persyaratan proyek / penugasan dengan memecahnya menjadi tugas; mengidentifikasi peralatan, bahan, dan orang yang dibutuhkan. Cukup mungkin terorganisir dan sistematis dalam pekerjaannya, kadangkala engalokasikan waktu yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaannya secara efisien. Cukup mungkin bisa memprioritaskan tugas, menetapkan tenggat waktu yang realistis, mengantisipasi rintangan dalam tugas dan menghadapinya untuk menyelesaikan tugas.

Pemecahan Masalah dan Pemgambilan Keputusan: Rendah

Tidak mungkin mengidentifikasi potensi masalah dan masalah dan menyelidikinya secara lebih mendalam. Mungkin jarang membantu orang lain untuk menganalisis masalah, mengidentifikasi penyebabnya dan memilih solusi terbaik untuk masalah setelah merenungkan informasi dan alternatif yang tersedia.Tidak mungkin mengambil input dari setiap anggota tim sebelum membuat keputusan yang penting bagi mereka. Mungkin jarang memperhitungkan kemungkinan konsekuensi dari keputusan yang ditetapkan.

Orientasi Pada Layanan: Rendah

Kurang mungkin memotivasi anggota tim untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan internal dan eksternal. Tidak mungkin memotivasi anggota tim untuk datang dengan berbagai cara agar supaya menambah nilai pada pengalaman layanan pelanggan. Tidak mungkin memandu anggota tim untuk menetapkan prioritas bagi pelanggan dan memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan mereka.Tidak mungkin menyemangati timnya untuk menangani pertanyaan, permintaan, dan keluhan pelanggan secara efisien.

Test Log