Tes GMA Kemampuan Mental Umum (General Mental Abilities - Bahasa Indonesian)

sample
sample@mettl.com
Test Taken on:
Report Version as on:
Finish State: Normal
Registration Details
Alamat Email: sample@mettl.com
Nama Depan: sample
Nama Belakang: Not filled
Tanggal lahir: Jan 19, 1946
Nomor Kontak/ Nomor Telepon: Not filled
Jenis kelamin: Not filled
Negara: Not filled
Bagaimana Menafsirkan Laporan?
General Mental Ability - GMA Kemampuan Mental Umum  mengukur kemampuan mental umum para peserta tes di berbagai peran penting di semua tingkat pekerjaan, kontributor individual hingga peran manajemen menengah dan senior di seluruh industri. Tes ini sangat cocok untuk digunakan dalam pengaturan rekrutmen dan pengembangan. Kemampuan mental umum terdefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk belajar, bernalar, mengamati dan memecahkan masalah. GMA mengukur konstruksi spesifik tertentu seperti penalaran verbal, penalaran numerik serta penalaran abstrak.
 
Berbagai respons terhadap GMA dinilai berdasarkan berapa banyak opsi yang benar yang dipilih responden. Setiap item yang dijawab dengan benar diberikan 1 tanda dan item yang menjawab salah atau tidak dicoba diberi tanda 0 (nol). Skor keseluruhan individu merupakan rata-rata dari semua item yang dijawab dengan benar. Skor tersebut kemudian dikonversi menjadi skor Sten, yang membawa skor ini sampai skala 10 poin. Skor 1 menunjukkan kinerja rendah dan skor 10 menunjukkan kinerja tinggi.
Skor Berbagai Kemampuan Mental Umum
Values shown in above chart are sten scores
Rendah Sedang Tinggi
Skor Kemampuan Mental Umum: Tinggi

Mungkin memiliki kemampuan untuk memahami sekumpulan data yang disajikan dalam bentuk angka, tabel dan grafik dan menggunakan informasi tersebut untuk menyelesaikan masalah secara logis. Kemungkinan memiliki kemampuan untuk menganalisis informasi verbal / tertulis. Cenderung berpikir secara abstrak, dan menyelesaikan masalah dengan berpikir secara rasional dan fleksibel.

Evaluasi Kompetensi Kemampuan Mental Umum
Penalaran Abstrak
Values shown in above chart are sten scores
Rendah Sedang Tinggi
Penalaran Abstrak: Tinggi

Sangat mungkin memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah yang kompleks dengan mengidentifikasi pola dan aturan yang mendasarinya. Akan dapat mengkomunikasikan proses berpikir dengan jelas dan akurat. Pemecahan masalah yang efektif dan berkinerja baik dalam situasi baru cenderung menjadi kekuatan.

Penalaran Numerik
Values shown in above chart are sten scores
Rendah Sedang Tinggi
Penalaran Numerik: Sedang

Cukup mungkin memiliki kemampuan untuk menangani data numerik. Kemungkinan memiliki kemampuan dalam melakukan operasi aritmatika dasar dan menganalisis data grafis dan tabel. Cukup kemungkinan untuk memiliki kemampuan untuk melakukan estimasi bisnis dengan cara menafsirkan dan menganalisis data numerik. Cukup mungkin menganalisis data numerik untuk menemukan pola atau tren untuk mendukung pengambilan keputusan.

Penalaran Verbal
Values shown in above chart are sten scores
Rendah Sedang Tinggi
Penalaran Verbal: Tinggi

Mungkin memiliki kemampuan untuk memahami dan secara rasional memeriksa informasi verbal yang diberikan. Kemungkinan untuk memiliki kemampuan dalam mengenali perbedaan antara fakta, argumen dan kesimpulan. Mungkin memiliki kemampuan untuk membaca dan menafsirkan informasi tertulis dan menjawab pertanyaan secara akurat. Mungkin memiliki kemampuan untuk menggunakan pendekatan yang mantap dan rasional untuk sampai pada suatu kesimpulan. Mungkin memiliki kemampuan untuk menarik kesimpulan logis, mengambil keputusan dan memecahkan berbagai masalah.

Rencana Pengembangan
Skor Kemampuan Mental Umum

Tips Pengembangan

• Menganalisa pernyataan/masalah secara logis dan menghasilkan solusi yang tepat.
• Saat memecahkan masalah, berusahalah untuk bertukar pikiran dan melihat masalah melalui berbagai perspektif.
• Berpikir kreatif - yang membutuhkan melihat masalah dari semua arah dan tidak hanya mengandalkan satu aspek pikiran.
• Berusahalah untuk menganalisis informasi yang diberikan dalam bentuk grafik, bagan, dan tabel untuk melihat gambaran yang lebih besar atau tren di balik fakta.

Berbagai Aktivitas Yang Disarankan

• Berusahalah untuk menghubungkan berbagai fakta yang tidak diketahui dengan yang diketahui untuk membuat pemahaman cepat tentang konsep-konsep baru.
• Saat dihadapkan dengan masalah baru atau sulit, pikirkan rantai berbagai penyebab yang menimbulkan masalah. Tuliskan atau gambarkan diagram yang menguraikan rantai kejadian. Bagilah menjadi beberapa bagian komponen. Tinjau penyebab untuk melihat di mana pencegahan mungkin paling efektif.
• Berusahalah mencari tahu poin yang tak tersebutkan secara langsung tetapi dapat disimpulkan secara tidak langsung dengan melihat grafik, bagan, dan tabel.

Test Log